Sebelum ke Dokter Mata, Aplikasi Tes Buta Warna Ini Bisa Kamu Pakai


Tes buta warna seharusnya perlu dilakukan oleh setiap orang secara berkala untuk memastikan apakah ada kelainan pada mata atau tidak, sulitnya membedakan warna adalah pertanda bahwa kamu mengalami buta warna.

Untuk memastikannya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mata untuk segera melakukan pengecekkan kesehatan mata. Selain itu, kamu juga bisa memastikannya dengan menggunakan aplikasi tes buta warna yang bisa diunduh di ponsel pintar saat ini.


Mengapa Tes Buta Warna Itu Penting?

Punya mata yang sehat tentu bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Lantaran ketika seseorang mengalami gangguan penghilatan, hal ini bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. 


Karena seiring dengan semakin tuanya usia kamu, fungsi mata kamu juga perlahan-lahan akan mengalami penurunan performa. Oleh karenanya, setiap orang disarankan untuk melakukan tes mata setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun sekali. 


Hal ini berlaku jika kamu sudah menggunakan kacamata, memiliki riwayat diabetes, berusia 40 tahun atau lebih, dan punya keluarga dengan riyawat penyakit glaukoma, serta berusia 70 tahun.


Bagaimana dengan tes buta warna? Dalam kasus buta warna, kamu sebaiknya melakukan pengecekkan jika mengalami tanda-tanda berikut ini.


  • Merasakan Gejala Buta Warna

Kamu bisa mengetahui apakah mengalami gejala buta warna atau tidak, ketika kamu melihat warna. Jika kamu sulit untuk membedakan warna, segera periksalah diri kamu ke dokter sesegera mungkin. 


Namun sebelum berkonsultasi dengan dokter mata, kamu bisa terlebih dahulu mengeceknya lewat aplikasi tes buta warna di ponsel pintar. Sehingga, kamu tidak perlu panik dan terguncang secara psikis jika memang benar kamu diagnosa oleh dokter mengalami buta warna.


  • Anggota Keluarga Punya Riwayat Buta Warna

Buta warna bisa disebabkan oleh faktor genetik, jika ada salah satu anggota keluargamu yang mengalami kesulitan membedakan warna. Ini adalah momen yang tepat bagi kamu untuk segera tes buta warna.


Mengetahui sejak dini apakah kamu mengalami buta warna atau tidak adalah cara terbaik untuk menentukan langkah terbaik apa yang perlu kamu lakukan. Dalam kasus buta warna, tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan secara total. 


Buta warna yang paling umum dialami oleh masyarakat adalah sulit membedakan warna merah-hijau. Untuk buta warna satu ini, kamu bisa

menggunakan lensa kontak atau kacamata khusus untuk membantu memperjelas penglihatanmu saat melihat warna.

Dalam dunia kerja, tes buta warna ini juga menjadi persyaratan rekrutmen wajib yang perlu dilalui oleh calon karyawan. Namun hal ini hanya berlaku untuk sejumlah posisi saja, misalnya pilot, dokter, dan polisi.


Aplikasi Tes Buta Warna Bisa Membantu Mendeteksi Dini

Jika kamu belum sempat untuk datang ke dokter mata untuk melakukan serangkaian tes buta warna. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi tes buta warna terlebih dahulu untuk bisa memberikan gambaran, apakah kamu mengalami gangguan buta warna atau tidak.


Berikut adalah daftar aplikasi buta warna terbaik yang bisa dengan mudah kamu unduh di ponsel pintar.


1. Warna Kebutaan Uji

Aplikasi tes buta warna yang mudah digunakan pertama adalah Warna Kebutaan Uji. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengunduh aplikasi gratis satu ini terlebih dahulu di Google Play Store.


Saat kamu melakukan tes buta warna di aplikasi ini, kamu nantinya akan melewati sejumlah serangkaian tes Ishihara, di mana kamu perlu melihat angka yang terdapat dalam lempeng Ishihara.


Di akhir tes, aplikasi ini akan memberikan skor kepada kamu. Dari skor ini kamu tahu apakah kamu

termasuk salah satu orang yang mengalami buta warna merah-hijau atau tidak.

2. Color Blind Test

Color Blind Test adalah aplikasi tes buta warna yang mudah digunakan berikutnya. Pada aplikasi ini, kamu bisa memastikan dan mengidentifikasi buta warna, dan seberapa parah kemampuan mata untuk melihat suatu warna.


Di aplikasi ini kamu bisa melakukan tes buta warna, mulai Ishihara, permainan kubus warna, dan Dikotomi Farnsworth D-15. Untuk jenis tes yang terakhir, tes ini bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi jenis buta warna biru-kuning beserta seberapa tingkat keparahannya.


3. Color Blind Check

Aplikasi selanjutnya adalah Color Blind Check, di aplikasi ini kamu bisa memastikan mengalami buta warna atau tidak. Cara kerja aplikasi Color Blind Check kurang lebih sama dengan aplikasi yang sudah Redaksi Ajaib jelaskan di poin nomor 2.


Lewat tes buta warna di aplikasi ini, pengguna bisa tahu jenis buta warna yang dialami beserta tingkat keparahannya.


4. Ishihara Color Blindness Test

Untuk memastikan apakah kamu mengalami buta warna atau tidak. Kamu bisa menggunakan aplikasi Ishihara Color Blindness Test. 


Pada aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengikuti tes yang sudah disediakan. Di akhir tes, pengguna

akan mengetahui jenis buta warna apa yang dialami dan tingkat keparahannya.

5. Simulasi Tes Buta Warna Baru

Aplikasi tes buta warna yang terakhir adalah Simulasi Tes Buta Warna Baru. Saat melakukan tes, kamu perlu menjawab pertanyaan yang diajukan di aplikasi. Untuk menjawab satu pertanyaan kamu akan diberikan waktu selama 3 detik. Nantinya di akhir tes akan ada hasil tes kamu yang menyatakan kondisi matamu normal 100% atau tidak.


Walaupun terlihat sepele, kamu tetap perlu melakukan tes buta warna secara berkala untuk memastikan apakah matamu masih dalam kondisi 100% normal atau tidak. Untuk melakukan pengecekkan buta warna, sebenarnya bisa kamu dapatkan hasilnya secara akurat lewat aplikasi tes buta warna yang sudah redaksi Ajaib jabarkan di artikel ini. Semua aplikasi di atas bisa kamu unduh dengan mudah di Google Play Store


Namun bila kamu ingin lebih memastikannya, kamu bisa melakukan pengecekkan mata di rumah sakit. Kamu bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk meringankan biaya tes mata tersebut, di mana tes buta warna ini akan ditanggung oleh pihak BPJS guna membantu kamu mengidentifikasi jenis buta warna apa yang kamu alami, apakah jenis buta warna parsial (Sulit membedakan beberapa warna saja) atau jenis buta warna total.


Aplikasi Tips
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.